Warning ! Pohuwato Sangat Berpotensi Terjadi Banjir, Longsor Hingga Tsunami

PortalPanua.com — Berdasarkan identifikasi kajian zona rawan bencana yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi, Kabupaten Pohuwato merupakan daerah yang masuk dalam kategori berpotensi tinggi terjadinya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, tsunami, dan gelombang pasang. Hal ini terungkap pada pelaksanaan Workshop Pengkajian dan Penilaian Kerusakan Akibat Bencana yang dilaksanakan oleh BPBD Pohuwato, Damage and Losses Assesment, di Hotel Golden Sri Marisa, Rabu (26/10).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala BPBD Pohuwato, Tonny Mopangga dan dua orang narasumber yakni, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi, Romen S. Lantu, serta Akademisi Dosen Fakultas Tekhnik Universitas Gorontalo, Rahmat A Oponu, serius membahas tentang bencana yang terjadi saat ini, serta mengidentifikasi kerusakan dan kerugian pasca bencana.

Kepala BPBD Pohuwato, Tonny Mopangga menjelaskan, bahwa cuaca musim penghujan saat ini, telah mengakibatkan bencana di beberapa daerah. “Meski sejauh ini bencana yang terjadi belum termasuk pada kategori berbahaya, tapi potensi bencana lebih besar bisa saja terjadi. Apa lagi musim penghujan akhir-akhir ini telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa wilayah di Pohuwato. Alhamdulillah masih bisa teratasi,” ungkap Tonny.

Tonny menambahkan, untuk mengantisipasi eskalasi bencana, pihaknya sangat beraharap adanya kerjasama antar pemerintah desa dan kecamatan, agar sigap menyikapai dan intens memberi informasi. “Minimal pemerintah desa dan kecamatan, siaga dan secara cepat dapat menginformasikan jika sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayahnya,” tambahnya.

Tonny juga menghimbau kepada semua pihak khususnya masyarakat, agar melakukan hal kecil yang dapat memberikan dampak besar. “Selain siaga terhadap bencana, juga bersama-sama menjaga lingkungan. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak melakukan perusakan lingkungan seperti perambahan hutan dan penebangan pohon secara sporadis,” tutup Tonny.

Selain berpotensi  tinggi terjadinya banjir, tanah longsor, tsunami serta gelombang pasang. Pohuwato juga masuk dalam kategori wilayah yang berpotensi terjadi bencana dalam kategori potensi sedang, seperti kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, serta cuaca extrim. Sementara untuk bencana gempa bumi, Pohuwato tergolong pada daerah berpotensi rendah. sumber:HUMAS PEMDA POHUWATO (Razak—Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *