Demo JPKP Soroti Penggunaan Anggaran Pamsimas

Batu Bara,Sumatera Utara-andalas  Pengurus Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) menggelar demo di depan gedung DPRD Kabupaten Batu Bara, Kecamatan Limapuluh, Senin (7/5). Dalam orasinya, JPKP minta kepada anggota DPRD Batu Bara untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Di antaranya terkait penggunaan anggaran tahun 2017 untuk proyej Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Dalam pembangunan itu pelaksana diduga mengurangi mutu beton sehingga kondisi bangunan saat ini retak dan miring. Selain itu, kondisi air juga tidak layak pakai, air kotor dan berbau.

“Kita minta kepada anggota DPRD Batu Bara untuk merespon aspirasi masyarakat. Pembangunan Pamsimas di Desa Indrayaman, Kecamatan Talawi saat ini kondisinya tidak layak pakai,” kata Koordinator Lapangan Khairuddin Heru, didampingi Timbul Sirait, Ilham.

Selain itu, JPKP juga minta dilakukan pengusutan terkait dugaan intervensi BPMPD terhadap desa dalam pengajuan APBDes. Pihak desa diminta untuk memasukkan penitipan barang dan jasa dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkait adanya sisa dana dari pembangunan bersumber dari Dana Desa selama beberapa tahun, tetapi dalam pertanggungjawabannya tidak ada musyawarah melibatkan masyarakat. “Kita menduga adanya intervensi dari BPMPD terkait pengelolaan dana desa, sisa penggunaan dana desa juga tidak dimusyawarahkan kepada masyarakat,”ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *