OPD Absen Pada Agenda Reses, DPRD Angkat Bicara

POHUWATO, PORTALPANUA.COM – Agenda reses merupakan kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat menyapa dan menyerap aspirasi masyarakat.
Sehingganya kehadiran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat penting untuk dapat menjelaskan jenis program, baik yang sudah terealisasi maupun belum terlaksana.
Namun apa yang terjadi bila agenda reses tidak dihadiri OPD, tentunya anggapan masyarakat para legislator hanya datang berbicara, berjanji tanpa ada penguatan oleh instansi perangkat daerah, terkait materi reses yang biasanya banyak di cecar pertanyaan maupun usulan.
Iwan Abay, anggota DPRD Pohuwato sesalkan ketidak hadiran sejumlah OPD, padahal pihaknya telah melayangkan undangan untuk dapat menghadiri agenda yang sama pentingnya dengan Musrenbang.
“Padahal kami sudah melayangkan surat undangan, diantaranya Dinas PU, Perkim dan Sosial.” Terang politisi Demokrat tersebut.
Kehadiran Dinas Perikanan menurutnya, mampu mengobati kekesalannya dihadapan masyarakat dalam agenda reses yang dilaksanakan di Desa Pohuwato, Jumat (9/2) kemarin.
Hal yang sama juga dialami amggota DPRD Saipul Mbuinga, dimana tak satupun OPD yang hadir sementara sejumlah usulan warga terkait jalan, drainase serta sejumlah usulan bantuan untuk para pedagang dan bantuan sosial lainnya tetap dilayani politisi santun dan juga Wakil Ketua DPRD tersebut.
Lain halnya reses di eilayah Paguat dam dilaksanakan Masrin Kone anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar.
Pantauan DETEKSInews, kegiatan tersebut juga tidak dihadiri OPD sebagai eksekutor program baik yang sudah terealisasi maupun yang baru diusulkan.
Untungnya reses masa persidangan pertama dati Aleg Madrin Kone tersebut, dihadiri Camay Paguat Arman Mohamad, Kades Soginti Iradat Bagi, ketua BPD Soginti serta sejumlah tokoh masyarakat Paguat.
Baik Masrin Kone maupun Arman Mohamad, mampu menjawab semua pertanyaan serta berbagai usulan yang disampaikan dan selanjutnya menjadi catatan Sekretaris FPG tersebut dan selanjutnya akan diperjuangkannya pada sidang sidang pembahasan di DPRD nanti.
“Saya akan optimal mengawal usulan bapak ibu, tentunya tetap harus mendapat dukungan seluruh elemen yang ada.” Pungkasnya. (MH-001)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *