Jalur Khusus Seleksi Penerimaan CPNS Dibuka

PORTALPANUA.COM-Yogyakarta, ] – Lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kembali dibuka oleh pemerintah, di 60 Kementrian/Lembaga dan 1 Provinsi, yaitu di Kalimantan Utara. Jalur khusus bagi anak-anak Provinsi Papua, dan penyandang disabilitas, dan mereka yang berprestasi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur mengatakan, fasilitas khusus diberikan bagi anak-anak dari Provinsi Papua, penyandang disabilitas, atlet berprestasi dan para lulusan yang berpredikat cumlaude. Jalur khusus bagi anak-anak dari Provinsi Papua asli akan ditempatkan di seluruh lembaga dan kementerian.“Langkah ini untuk mencoba agar aparat sipil negara bisa menjadi perekat nasional,” kata Men PAN-RB usai hadiri acara Workshop Badan Legislasi DPR RI, di Hotel Eastparc Yogyakarta, Rabu(6/9/2017).

Jalur khusus, juga diberikan kepada mereka yang berpredikat Cumlaude. Dari total formasi ada sekitar 1.800 orang lebih akang direkrut, dari mereka yg lulus dan berperingkat Cumlaude.
“Cumlaude dengan Universitas aktreditasi A. Umur tidak boleh lebih dari 35 tahun,” katanya.
Atlet-atlet yang berprestasi juga mendapatkan jalur khusus dalam seleksi CPNS tahun ini. Fasilitas khusus ini diberikan kepada atlet yang meraih medali emas di tingkat Asean atau dunia. Mulai tahun 2017 ini atlet yang meraih medali emas sudah bisa mengikuti jalur khusus seleksi CPNS.
Penyandang Disabilitas, atau berkebutuhan khusus, pada penerimaan CPNS akan diberikan kuota khusus. Kuota khusus ini, berlaku di semua kementrian dan lembaga.
(Dtc/Tim RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *