BUPATI OPTIMIS 2018 BUMDES DAN BUMADES OPTIMAL

MARISA, (PORTAL PANUA) – Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga optimis program pemberdayaan penguatan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Bada Usaha Antar Desa (Bumades) akan optimal.

Hal tersebut sempat diungkapkan Bupati Syarif Mbuinga saat kegiatan Orientasi Kepemimpinan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (OKPPD) dihotel Maqna bulan Mei 2017 lalu yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Bendahara serta Sekretaris se Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pembinaan kepada pemerintahan daerah, dan satu diantaranya adalah dengan melaksanakan Orientasi Kepemimpinan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (OKPPD).

Kegiatan yang dimotori dan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) tersebut diikuti peserta serta berlangsung dengan maksimal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga berharap kepada seluruh Kepala Desa agar dapat mengikuti kegiatan dimaksud dengan baik dan pada TA 2018 kedepan akan menjadi pilot project bagi semua desa, terutama di wilayah Provinsi Gorontalo.

“Saya berharap ini diikuti dengan baik, dicermati,  dipahami agar dapat diimplementasikan. Sebab OKPPD ini  penting,” tegas Bupati Syarif pada saat kegiatan tersebut.

Bupati juga mengungkapkan bahwasanya untuk menguatkan langkah strategis pemerintah daerah pada tahun 2018 nanti, Pihaknya akan meningkatkan kebijakan pemerintah khusus untuk Desa. “Tahun depan, kebijakan strategis pemerintah khusus untuk desa, kami akan meningkatkan penguatan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan BUMADes (Badan Usaha Milik Antar Desa). Kami optimis dan akan menggerakannya,” cetus Bupati Syarif.

Optimisme Bupati Pohuwato nampaknya menjadi motivasi bagi para kepala desa yang berupaya pada TA 2018 nanti optimalisasi Bimdes dan Bumades akan terlaksana dengan baik sesuai harapan Syarif Mbuinga.

Kades Maleo Kecamatan Popayato Timur dan Kades Molosifat serta Molosifat Utara Kecamatan Popayato Barat memberikan apresiasi terhadap langkah serta motivasi Bupati Syarif Mbuinga dalam kerangka menggenjot ekonomi rakyat melalui Bumdes serta Bumades.

Insya Allah kami tak akan menyia-nyiakan harapan Bupati Syarif Mbuinga.” Ungkap mereka ketika berbincang dengan awak MLP, Senin (16/10). (PP-Guf/D001)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *